Cara mengatasi ASUS A42Jc VGA tidak bisa memainkan game PES 2011

Halo reader semua...
Mumpung masih tahun 2010 saya mau posting untuk menambah jumlah post di tahun ini...hehe
Kali ini saya mau share sebuah tips tentang cara mengatasi VGA ASUS A42Jc tidak bisa menjalankan game-game yang membutuhkan VRAm besar.
Sebenarnya postingan kali ini diawali dari teman saya yang mengalami masalah di atas. Dia ngebet banget untuk maen PES 2011 di Laptop barunya. Setelah proses instalasi PES berhasil, ketika dia mau menjalankan game tersebut kualitasnya Low. Aneh khan?? Padahal spesifikasi laptop tersebut termasuk wah.
Spesifikasi ASUS A42Jc :
CPU : Intel Core I3
HDD: 320 GB
RAM : 2 Gb DDR3
VGA : NVIDIA 310M, VRAM =1 Gb
Keren khan?
Tapi kenapa memaenkan PES 2011 saja tidak bisa masuk spesifikasi minimal medium.

Saya awalnya cukup kaget dengan hal tersebut, dan mengutak-atik di device manager mungkin driver belum terinstal secara benar. Ternyata semua device working properly. Terus masalahnya apa??

Setelah mencari referensi di internet, masuk ke ASus.com dll. Akhirnya ditemukan jawaban yang cukup melegakan. Ternyata ASUS A42Jc memiliki teknologi dual VGA adapter, yang satu pake INtel Hd, yang satu NVIDIA 310M.
Untuk mengatasi masalah diatas sebenarnya kita tinggal melakukan switching VGA adapter dari Intel HD ke NVIDIA. Intel HD digunakan sebagai default. Jadi ketika bekerja biasa anda gunakan Intel, namun ketika mau maen game atau grafis gunakan VGA Nvidia itu.
Sayangnya driver instalasi NVIDIA yang diberikan oleh vendor tidak mampu untuk melakukan switch tersebut. Cara mengatasinya adalah anda harus mendownload Driver NVIdia Terbaru dari www.asus.com. Jangan download dari Nvidia, karena ada kemungkinan tidak cocok.
Setelah melakukan update driver. Untuk melakukan switchin VGA :
1. anda tinggal klik kanan pada desktop
2. Klik pada Nvidia control panel
3. Pada window Nvidia control Panel terdapat menu manage 3D setting, klik
4. Lalu klik pada tab program setting tambahkan program yang akan dijalankan dengan VGA Nvidia. berikut gambarnya:
5. Klik OK
Semua settingan telah selesai. Anda dapat menggunakan VGA Nvidia anda untuk menjalankan game atau software grafis lainnya dengan mantap...

Sekian postingan kali ini...

Salam ngopi... cheerss

================================================= kurangin tidur banyakin ngopi
Add to Cart

0 komentar:

Post a Comment