PRODUK KIJINGAN DAN MAKAM MARMER PART_1


Makam Marmer @ Marmer Tulungagung Online
MENGENAL BAGIAN-BAGIANKIJINGAN ATAU MAKAM MARMER
Sebagai penanda kubur ,kita telah mengenal adanya pemakaman, yang lazimdisebut sebagai pekuburan atau makam saja, didaerah kami barang penanda kuburini lazim disebut sebagai Kijingan, yakni bentuk penanda kubur berupa bangunankecil yang berbentuk segi empat, dengan  2 tiang pancang kecil  diatasnya. Tiang pancangini disebut sebagai batu nisan. Perkembangan sejarah marmer Tulungagungmencatat, kerajinan makam marmer ini telah berkembang diawal  sentral kerajinan ini dimulai.Sebagai seni  kerajinan yang beusia sangat tua tentunyatelah banyk inovasi produk dan varian yang telah dikembangkan oleh parapengrajin kami dikota marmer Tulungagung  ini. Seni kerajinan pemakan dimulai denganmengenalkan makam cetak dari semen dan traso, kemudian setelah tegnologyterknik pengerjaan ini mengalami  perkembangan , makam marmer pun dirilis pertamakali sekitar tahun 1966.

Makam atau kijingan marmer ini biasanya terdiri dari 3 bagian, yaitu:

Dasar Makam @ Marmer Tulungagung Online

1.      DASARMAKAM, atau sering disebut  sebagaiplendes makam,Barang ini berbentuk segi empat, dengan ukuran standart pemakamanPanjang =165 CM,Lebar =50-65 CM, Tinggi= 20 CM,barang ini terletak di dasarmakam, sebagai tempat membangun pondasi makam, biasanya pemasangan yangdilakukan Tukang memberikan ikatan semen-pasir sebagai perekat permanent antara makam dan tanah pekuburan.
Badan Makam marmer sedang disetel  tanpa Nisan
2.      BADANMAKAM, ini merupakan bagian utama dari kerajinan makam ini,berbentuk segiempat, dengan variasi bangun yang bermacam-macam, ada yang mempergunakan balok kotaklurus, ada yang menggunakan pola trapezium, dan ada yang menggunakan polabentuk  trapezium bersudut.Macam polayang dikembangkan ini biasanya berawal dari pesanan dari luar daerah yangmempengaruhi perkembangan design makam marmer diTulungagung.

Batu Nisan Mahkota @ Marmer Tulungagung Online

3.      BATUNISAN.ATAU TIANG NISAN,batu tiang ini terdiri dari 2 buah tiang kecil yangditulisi dengan nama almarhum yang meninggal, untuk pola nisan yang berbentukmahkota  nama dan tanggal wafat biasanyatertera di bagian badan makam, karena bentuk mahkota ini tidak memungkinkanditulis nama pada nisan tersebut , karena bentuk dasarnya adalah tabung.
Batu nisan standart bisa ditulisi dengan nama Almarhumdan tanggal wafatnya.Untuk pemakaman China ,tulisan pemakaman ini memuat seluruhkeluarga besar mereka.Untuk memberikan kenang-kenangan dan juga sebuah filsafatluhur akan ingat kematian,dengan mengingat kematian maka kita tidak akanmenyia-nyiakan kehidupan ini dengan sesuatu yang tidak bermanfaat,itudituturkan oleh customer saya dari warga Chinesse, yang menjadi langganan sayasejak tahun 1998 yang lalu sampai dengan sekarang.Beliau adalah seorangpenunggu makam ,atau juru kunci disebuah makam China di daerah Mojokerto.
 Varian makam atau kijingan initidak hanya pada variasi batu nisannya,akan tetapi juga berkembang kepadabentuk badan makamnya.Denganmunculnya berbagai variasi bentuk makam ini makaanda akan lebih leluasa untuk membuatkan penanda kubur yang terhormat  bagi orang-orang kehormatan dalam keluarga  dan yang sangat kita cintai.
Secara teknik bahan baku yang dipergunakan , makam marmer ini ada duamacam jenis yang dikembangkan oleh pengrajin marmer Tulungagung, yakni :
a.      BENTUKMAKAM PLAT  SAMBUNG.
Bahan yang dipergunakan untuk BENTUK MAKAM PLATSAMBUNG ini adalah plat-plat marmer yang dipotong-potong menurut bidang bentukyang diinginkan , kemudian diberi Resin sebagai pengikat bentuk tersebut.Hargamakamdengan bahan ini sangatlah murah , dengan kisaran harga Rp 1.750.000,-sampai dengan 3 Juta rupiah saja.Dengan memperoleh bentuk makam yang sama,dengan bentuk balok utuh,anda sduah bisa memberikehormatan untuk orang tercintakita.Kelebihan produk Bintang Antik Sejahtera dalam memproduksi makam denganteknikplat sambung ini adalah pengikat tambahan di sudut yang berjumlah minimal3 buah , ini hanya bisa di lihat didalam bangun Badan marmer dan dasar makam.Denganteknik 3 pengikat inimaka kami berani member garansi keutuhan makam sampaidengan 5 Tahun, allservice and spare-part, ini pinjam istilah  garansi engine sepedamotor dan mobil.
b.     BENTUKMAKAM BALOK UTUH.
Bahan makam ini terdiri dari balokan utuh,yangmemang dari alamnya bentuknya sudah besar.Ini yang membuat barang iniistimewa.Bahan ini didapatkan dari alam dengan membentuk pola balokan kotakbesar, ukuran standartnya adalah Panjang 165-170 CM untuk Dasar makam, tinggiBadan makam 55 CM- 65 CM, Lebar standartnya adalah 60-65 CM.Sebagai mana teknikplat sambung, makam ini juga tetap terdiri dari 3 bagian , seperti yang telahkami jelaskan diatas.Untuk makam jenis ini harganya memang lumayan lebihmahal,harga terendah yang pernah kami produksi adalah sekitar 4 Juta_an,selanjutnya harga akan menyesuaikan bahan dan tingkat kesulitan design yanganda perlukan.

DAPATKAN BONUS KALIGRAFI DOA ZIARAH KUBUR, DENGAN CARA:

1. PESAN SEKARANG…TINGGALKAN COMENTARDIKOLOMKOMENTAR DIBAWAH INI,.???kami akan mencatat anda sebagai pemesanPRODUK .Pemesanan dilakukan maksimal dalam waktu satu bulan setelah komentardikolom dibawah ini, karena biasanya memerlukan diskusi antar anggota keluargauntuk memilih varian produk dan jenis bahan baku, serta budget anggaran.
2.PEMESANAN PRODUK DISETIAP BULAN RAMADHAN…..ini menjadi tradisi kami sejak lama…karena kebiasaan orang Jawa,selalumenziarahi makam keluarga ini di awal dan akhir bulan Ramadhan….KALIGRAFIBIASANYA MERUPAKAN DOA KUBUR UNTUK ALMARHUM.
Add to Cart

0 komentar:

Post a Comment