MARMER TULUNGAGUNG,PENYEBARAN WILAYAH USAHA MARMER



Tulungagung Kotabersinar Bersih Indah dan Menarik itu motto kebanggan kota kecil ini,Dengansemboyan daerah  yakni sebagai :  Daerah Ingandaya, yang bermakna IndustriPangan dan Budaya. Dikandung maksud bahwa Tulungagung adalah sebagai daerahIndustri, sebagai daerah penghasil pangan dan sebagai daerah sebagai cagarCagar Budaya. Sangat dirasakan betul bahwa keberadaan Tulungagung sebagai kota marmerini adalah sebuah keberkahan tersendiri bagi warga kota kecil ini. Bagaimanatidak sebagian besar penduduk kami memiliki kegiatan yang rutin dan tetapsebagai pekerja dan pengusaha dibidang marmer.
Kenyataan yang sangat luar biasadan patut disyukuri.Kota kecil dengan penduduk sekitar 900.000 ribu jiwa inibanyak sekali menggantungkan perekonomiannya disektor usaha marmer ini.Bahkanjika kita mau berhitung ada empat kecamatan yang terimbas secara langsung  dengan adanya industry marmer di kota Tulungagung.Selainitu ada beberapa wilayah kecamatan lain yang terimbas secara tidak langsung ,dari berkah batu-batuan ini.Maka tak salah jika Tulungagung dijulukisebagai  kota marmer .
Daerah  Kecamatan Campurdarat,  letaknya kurang lebih 14 KM sebelah selatan  dari Pusat kota Tulungagung , ini adalahsentral terbesar usaha marmer dan pusat kerajinan marmer diproduksi.Sebagianbesar perusahaan dan pengusaha marmer bertempat tinggal  di kecamatan ini.Dari produk  lantai, sampai pernak-pernik sekecil apapunkomplit ada di Kecamatan Campurdarat ini .Hampir 60 persenpenduduk Kecamatan Campurdarat ini bergerak dibidang usaha marmer, Disinilahtempat showroom –showroom besar dan kecil terjajar disepanjang jalan Tulungagungmenuju Pantai Wisata Popoh Indah , jika anda melintasidaerah ini maka anda akan menemukan banyak sekali kerajinan-kerajinanmarmer terpampang dishowroom-showroom marmer,Tidak kurang dari 267buah  terdapat disini.Dikecamatan Campurdaratini terdapat 9 Desa , Disembilandesa ini anda akan menjumpai penduduk yang bermata pencaharian dibidang marmerini dengan berbagai specialisasi, Disinilah Bintang Antik Sejahtera  tinggal,tepatnya dipusat kota Campurdarat, sebelah barat kantorKecamatan kebarat 100 M, Masjid Jami’ Campurdarat, masuk 50 M. Selainitu  diKecamatan Campurdarat  ini juga ada beberapa titik pertambanganmarmer, yakni didesa Campurdarat, desa gamping dan DesaNgentrong.

Letaknya Disebelah selatan kecatan Campurdarat, adalah Kecamatan Besuki, dikecamatan ini adalah pusat pertambangan marmer Asli Tulungagung, di Kecamatanini  penduduknya juga sebagian besarberkecimpung di bidang  marmer, lebihkhusus lagi pada produk marmer lanatai dan dinding.Di Kecamatan ini jarangterdapat showroom, dari seluruh jumlah desa yang ada dikecamatan ini hanyasekitar 3 desa yang penduduknya  menekunibidang ini.Yang terbesar adalah dipusat Desa Besole Kecamatan Besuki, kabupatenTulungagung,dimanaterdapat Tambang marmer asli Tulungagung yang terbesar.Sedangkanpertambangan yang lain didaerah kami cukup banyak sekali, hampir tidak ada batuyang terbuang disini semuanya direkayasa dan diusahakan sebagai bahan bakukerajinan marmer. Kecamatan Pakel, kecamatan ini terletak disebelah baratkecamatan Campurdarat, kecamatan ini baru pada sekitar tahun 1990_an menekunibidang ini, dikecamatan ini ada beberapa titik sentral kerajinan marmer, yaknididesa Tamban dan Sodo,didua desa ini biasanya hanya memproduksi barangsetengah jadi, dan jarang sekali memgolah barang jadi,karena pengolahanselanjutnya akan dilakukan dikecamatan Campurdarat,untuk merakit danmengassembling  komponen barang setengahjadi tersebut.dikecamatan ini tidak meliki pertambangan marmer sendiri, karenawilayah kecamatan ini tidak memiliki kawasan pegunungan , warganya kebanyakanhanya sebagai pekerja dibidang ini.
Kecamatan Tanggungunung, disini terdapat beberapa desa yang dijadikansebagai area pertambangan marmer dan bahan baku marmer bakar, letaknyadisebelah Tenggara Kota Tulungagung, Kecamatan ini berbatasan langsung denganKecamatan Campurdarat untuk wilayah sebelah selatan, sedang disebelah Timur danUtara berbatasan langsung dengan Kecamatan Kalidawir dan Kecamatan Pucanglaban.Parapenduduknya sebagian besar bertani dan menjadi TKI keluar-negeri,sedangkan unutkyang berbatasan dengan Kecamatan Campurdarat,banyak diantaramereka menjadi pekerja di perusahaan-perusahaan marmer di KecamatanCampurdarat.Daerah pertambangannya ada di desa Ngrejo,Tenggarrejo, Ngepoh,danPakis aji.Wilayah Selatan  KecamatanTanggunung ini  adalah penghasil jagungterbesar dikota ini. Jika dalam musim panen jagung anda bisa datang kemari danberkulakan jagung dengan harga yang sangat murah .Selain itu dikecamatan inijuga dikenal sebgai penghasil kayu jati yang sangat berkwalitas tinggi.
Beberapa daerah kecamatan lain yang memiliki daerah pertambangan marmerantaralain adalah Kecamatan Kalidawir , yakni wilayah sebelah timur,selain sebagai pertmabangan marmer didaerahini juga dikenal sebagai penghasil beberapa mineral-mineral alam. Warga KecamatanKalidawir sebagaimana kecamatan Tanggungunung, kebanyakan berprofesi sebagai pahlawandevisa kota Ingandaya , mereka kebanyakan bekerja diluarnegeri dengan tujuanNegara Malaisya, Brunei, Taiwan dan Hongkong. Disebelah selatan wilayahKecamatan kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani jagung . Jarang sekaliwarganya yang menggeluti tegnology pengolahan marmer.Kebanyakan dari merekahanya memasarkan hasil-hasil kerajinan dari Kecamatan Campurdarat saja.
Daerah lainnya adalah Kecamatan Rejotangan, meskipun hanya kecilpertambangan marmernya , disinilah bahan baku marmer bakar dan alur banyakdijumpai,akan tetapi pengolahan dan pengelolaannya banyak yang dimiliki haknyaoleh para pengusaha dari Kecamatan Campurdarat, karena sebagian besar warganyamemiliki potensi yang lain yakni sebagai sentral peternakan di Kabupaten ini,terutama ayam petelur dan pedaging, disinilah tempatnya.
Ada beberapa daerah lain yang warganya bermata pencaharian sebagai pengrajin marmer atau pengusahamarmer, akan tetapi  jumlahnya sangatsedikit sekali,dan itupun hanya terekam dalam jumlah tidak lebih dari sepuluhtitik saja. Seperti ketika anda memasuki Kecamatan Boyolangu, ada beberapatitik Showroom marmer yang menjemput anda ketika melalui jalur Tulungagung  menuju arah Pantai Popoh Indah, dan diKecamatan Sumbergempol ada satu pabrik pengolahan marmer yang sudah berkembangcukup lama, akan tetapi bahan dan barangnya biasa mereka dapat juga dariKecamatan Besuki dan Campurdarat. Ada juga warga diKecamatanNgantru yang mengembangkan usaha pengolahan marmer ini,namun hanya beberapaorang saja.
Sedangkan sebagai sentral terbesar kota marmer ini memang Kecamatan Campurdaratdan mereka yang berprofesi sebagai pengusaha marmer baik itu dalam bidangpertambangan maupun bidang pembuatan kerajinan marmer  biasanya akan tetap mendatangkan karyawanprofessional dari dua Kecamatan  Sentral yakniCampurdaratdan Besuki.Demikianlah gambaran pemetaan usaha marmer Tulungagung yangmemang menjadi jantung pemompa nadi perekonomian kota Tulungagung ini.
MyFreeCopyright.com Registered & Protected
Add to Cart

0 komentar:

Post a Comment