KETRAMPILAN BERNEGOSIASI, PELENGKAP SEORANG ENTERPRENEUR



Sebagai fiture pelengkap dariseorang Enterpreneur, adalah ketrampilan kita sebagai seorang negosiator.Dengan  ketrampilan ini maka akan banyaksekali hal yang akan dapat dilakukan, seperti membuat sebuah ledakanprofit,mengatur Term Off Payment dan lain sebagainya.Kenapa dengan penciptaanprofit anda terlalu rendah…??  andakurang trampil dalam bernegosiasi.itu jawabannya,karena penciptaan sebuah profitadalah saat anda bernegosiasi.Profit  isstart created in Your negotiation.
Ketrampilan bernegosiasi jugaakan menyelamatkan kita pada kondisi run out off cash, alias kita kehabisanstok cash kita.Semisal dengan sedikit memperpanjang Term Off Payment  maka kebutuhan akan ketersediaan Cash dalamjumlah tertentu akan dapat kita manage secara longgar.Misalnya permintaantenggang 1,5 Bulan Dengan drop payment 20 % saja… Enak bukan…???

Dalam kebiasaan kita kitaberhubungan dengan rekan bisnis, atau rekan kerja ,atau dengan masyarakat,kitacenderung  ingin menampilkan hal-hal yangindah –indah, dan hal-hal yang menyenangkan untuk oranglain , dengan selalumengatakan “ Ya” kata “ Siap” kata “ Oke “ dan sebagainya. Kata indah memanguntuk sebuah persahabatan.dan ini adalah kata yang terbaik juga dalam sebuahrelationship. Akan tetapi dalam sebuah bisnis ,kata-kata Yes ini justru banyakmenyimpan efek negative dalam sebuah bisnis kita  Dan sadarkah  anda bahwa sebenarnya dalam kata “ Ya”  itu adalah sebuah kata yang paling jelekdalam bernegosiasi…??? 
BERNEGOSIASILAH DENGAN KATA “ NO”
Sebaliknya kita jarang sekalimengatakan kata “ No” nggak bisa, dan Not ready, sebagai ungkapan kita dalamsebuah relationship, karena kita ingin rekanan kita selalu merasa nyaman,merasa senang dan seakan-akan kita takut kehilangan mereka.Benar sekali,kitasangat memerlukan mereka , akan tetapi sadarkah anda bahwa dengan kata –katayang selalu bernada “ Yes” itu terdapat banyak kekalahan pada pihak kita ..???Misalanya ketika seorang customer meminta pada anda potongan harga sebesar 13 %dari harga dengan pemesanan barang sebanyak 500 buah , kemudian anda berfikirsejenak, karena dihitungannya sudah terdapat profit yang besar kemudian kita dengan sedikit mengorbankanperasaan akhirnya kita memutuskan kata “ Yes” Hemm…berapa besar profit lost anda dalam satu nego hari itu…
BIsakah suatu saat kita bilangpada rekanan bisnis kita untuk mengatakan tidak ketika mereka meminta potonganharga 15 % ketika hanya mengorder 100 biji barang kita …??
Apakah anda bisa memulai untuktidak berkata Yes, ketika mereka minta Term off payment selama 2 bulan untukpelunasan seluruh pembayaran…??
Apakah hari ini anda dapatmemulai untuk berkata tidak, ketika customer anda meminta bonus tambahan ,sedangkanpembayaran pelunasannya terlambat 2 minggu..??
 Maka Saatnya kita harus merubah , apa –apayang biasanya selalau kita bilang “ Yes” dan Okey…dengan sebuah jurus baru,yakni berkata “ No”,,,and I thing No…and It’s Not ready for you… dalamnegosiasi kita kedepan.
Karena dalam sebuah kata Yes itutersimpan profit dan keuntungan lain yang sangat besar YANG SEHARUSNYA MENJADIMILIK KITA YANG KEMUDIAN HILANG HANYA DENGAN SATU KATA.
Sedangkan dengan kata “ No” itutersimpan sebuah profit dan keuntungan yang besar  YANG MEMANG AKAN  MENJADI MILIK  KITA , meskipun kitasebenarnya tidak enjoy dengan kata itu..

Add to Cart

0 komentar:

Post a Comment